Senin, 20 November 2017

Tips Melindungi Bangunan dari Banjir

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang menjadi momok menakutkan apabila sampai merusak banyak fasilitas umum dan bangunan disekitarnya, apalagi jika banjir sampai masuk ke dalam bangunan yang anda miliki seperti gedung perkantoran, pabrik, Hotel, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, restauran, apartemen, Fasilitas Umum hingga rumah tinggal.

Tentu saja hal tersebut dapat merugikan pemilik bangunan tersebut apalagi jika didalamnya banyak terdapat aset aset berharga.Tapi hal tersebut dapat diatasi dengan beberapa tips berikut :

1. Meninggikan tinggi lantai bangunan
 

Hal ini menjadi pilihan pertama bagi pemilik gedung atau bangunan yang ingin menghindari banjir dengan cara meninggikan tinggi lantai bangunan tersebut. Tapi hal ini selain memakan biaya yang sangat besar juga akan memakan waktu dan usaha yang tidak sedikit karena sangat sulit melakukan renovasi apabila terdapat banyak aktifitas yang terjadi pada setiap harinya di gedung tersebut. Bayangkan bila anda sebagai pemiliki gedung perkantoran harus melakukan renovasi besar - besaran padahal ada begitu banyak pekerja yang berkerja didalamnya.


2. Menggunakan Flood Gate / Flood Barrier / Penahan Banjir



Menggunakan Flood Gate atau Penahan Banjir merupakan solusi selanjutnya, Flood Gate yang merupakan sekat atau pintu yang difungsikan untuk menahan air banjir dan membentengi bangunan agar air tidak masuk kedalam bangunan tersebut. Flood Gate umumnya terbuat dari bahan anti karat seperti alumunium dan stainless steel dan dilapisi karet  spesial yang berumur panjang, tahan air dan suhu panas serta tidak mudah getas.

Flood Gate yang baik harus mudah digunakan dalam keadaan emergency dan mudah saat disimpan.

Flood Gate terbagi dalam beberapa pilihan tergantung area dimana Flood Gate itu sendiri dipasang :

a). Flood Gate pada pintu utama gedung atau bangunan




b). Flood Gate pada Pintu Pagar




c). Flood Gate pada Ramp Basement




d). Flood Gate pada Jendela Ventilasi



Itulah tips diatas yang dapat anda lakukan sebagai pemilik atau pengelola gedung yang berada di area rawan banjir dengan beberapa solusi dari Daichen Indonesia.

Jika ingin mendapatkan tips lebih lanjut silahkan hubungi 
Angga 081243237073 / 02129430762

Tidak ada komentar:

Posting Komentar