Selasa, 18 April 2017

Resiko banjir lebih buruk dibandingkan dengan kebakaran

FM Global salah satu perusahaan asuransi terbesar di Amerika melalui anak perusahaannya FM Approvals yang bertugas mengaudit dan mensertifikasi produk - produk penahan banjir atau Flood Barrier menganalisa bahwa setiap tahunnya kerugian yang dialami perusahaan - perusahaan di dunia akibat banjir mencapai angka 2 - 3 miliar USD. Sumber : FM Approvals

Analisa juga menyebutkan area yang terdapat pada zona rawan banjir lebih beresiko 5 sampai 7 kali menderita kerugian dibandingkan dengan potensi kebakaran. Sebagai tambahan kerugian banjir dibandingkan kebakaran satu setengah kali lebih besar dibandingkan dengan kebakaran.

Dalam analisa 1 dari 10 area industri berada pada zona rawan banjir maka dari itu umumnya bangunan yang masih dalam tahap rencana pembangunan di area zona rawan banjir akan menempatkan bangunan di lokasi yang datarannya lebih tinggi atau meninggikan lantai bangunan setinggi - tingginya agar permukaan lantai lebih tinggi dari potensi banjir yang terjadi di area zona rawan banjir tersebut. Tapi hal tersebut tidak mudah untuk gedung atau pabrik yang telah berdiri lama dan menghadapi permasalahan banjir.

Untuk pabrik yang memiliki banyak tenaga kerja dan mesin didalamnya meninggikan bangunan bukan menjadi perkara mudah selain akan menganggu kegiatan produksi, waktu yang dihabiskan pun akan lebih lama. Beda halnya jika mereka menggunakan Flood Barrier sebagai sistem perlindungan proteksi bangunan dari bencana banjir.




Tentunya Flood Barrier yang memiliki reputasi baik harus memiliki masa umur pemakaian yang panjang, ringan, anti karat dan mudah digunakan dalam keadaan darurat. Produk Flood Barrier yang baik juga harus terdaftar dalam industri Flood Barrier dan telah disertifikasi oleh lembaga approval satu - satunya di dunia yang memiliki standar untuk produk Flood Barrier atau Flood Abatement yaitu FM Approvals.

FM Approvals sendiri lahir dari desakan kalangan industrialis dan pemilik properti di Amerika akibat tingginya biaya premi asuransi yang dibayarkan padahal mereka telah memiliki alat - alat atau sistem proteksi bangunan yang seharusnya meminimalkan resiko terjadinya kebakaran, banjir dsb. Memang FM Approvals sendiri pada awal berdirinya lebih banyak berhubungan dengan produk - produk pemadam kebakaran dan akhirnya banyak berkembang mensertifikasi produk - produk perlindungan atau proteksi bangunan yang lain.

Dengan menggunakan produk yang bersertifikasi FM Approvals mampu menurunkan premi asuransi setiap tahunnya dan meningkatkan klaimnya.



Di dunia sendiri baru ada 4 perusahaan yang memiliki sertifikasi FM Approved dan satu - satunya produsen di Asia yang memilikinya adalah Daichen Watertight Gate Technology Co LTD Taiwan. Melalui distributor tunggalnya di Indonesia Daichen Indonesia yang beralamat di Jl. Mangga Ubi No 17 Kapuk Cengkareng Jakarta Barat 11720. Kontak (021) 29430762





Tidak ada komentar:

Posting Komentar